081273939912
081273939912

Kuliner Belitung yang Wajib kamu tahu

Sunday, September 30th 2018.

Panduan Menikmati Keunikan Menu Kuliner Asli Belitung

Mengunjungi Pulau Belitung tanpa menikmati kuliner asli Belitung akan menjadikan perjalanan wisata menjadi kurang berkesan. Berikut ini beberapa kuliner unik dari Belitung yang patut diburu saat mengunjungi pulau tersebut.

Rujak Tahu

Salah satu kuliner asli Belitung yang tidak biasa dan pantas diburu adalah Rujak Tahu. Meski memiliki nama rujak; namun rujak versi Belitung dengan bahan tahu ini ternyata berbeda dari rujak pada umumnya. Makanan khas Belitung ini berisi potongan tahu dengan tambahan mentimun, taoge dan melinjo yang dimakan dengan tambahan kuah seperti pempek. Makanan unik ini dapat menjadi pilihan mengganjal perut dan mencicipi cita rasa unik kuliner di Belitung.

Mie Belitung

Belitung ternyata juga memiliki kuliner mie yang khas dan unik. Mie Belitung pantas dijadikan target penggemar kuliner berbahan mie karena memiliki citarasa yang unik. Mie belitung merupakan menu kuliner dengan bahan mie kuning yang disajikan bersama dengan kuah beraroma kaldu udang. Penyajian mie ini juga dilengkapi dengan potongan daging udang, tahu, mentimun dan juga emping. Mie dengan tekstur kenyal dan kuah beraroma udang membuat masakan lezat ini menjadi menu unik yang pantas dicoba saat mengunjungi Belitung.

Sup Ikan Gangan

Pilihan kuliner asli Belitung berikutnya yang pantas untuk dicoba adalah sup ikan Gangan yang merupakan sup ikan khas pulau tersebut. Sup ikan ini memiliki kuah berwarna kuning karena menggunakan kunyit; sedangkan rasanya akan terasa agak asam pedas karena menggunakan bahan nanas dan cabai rawit. Bumbu lain seperti bawang merah, lengkuas, asam dan sereh membuat spektrum rasa Gangan menjadi sangat unik. Sedangkan bahan ikan yang digunakan untuk membuat sup ini adalah ikan baronang, ikan ilak atau ikan ketarap. Selain ikan; terdapat versi lain dari sup ikan ini dengan bahan udang dan kepiting.

Berego

Makanan ringan unik dari pulau Belitung juga pantas untuk dicari dan dicicipi. Salah satunya adalah Berego yang merupakan makanan dari bahan tepung beras dan sagu. Campurang tepung beras dan sagu ini diolah dengan cara didadar; kemudian digulung dan dipotong – potong dengan potongan melintang sehingga memperlihatkan tekstur gulungan yang dibuat. Sepintas makanan ini mirip dengan mie kwetiaw karena berubah menjadi lembaran panjang saat gulungannya dibuka; namun Berego disajikan dengan kuah kari ikan yang bertekstur kental dan memiliki cita rasa gurih.

Suto Belitung

Nama suto sepintas mirip dengan nama soto yang merupakan masakan khas Indonesia yang dapat ditemui dengan banyak versi; tetap Suto Belitung bukanlah masakan soto ala Belitung. Suto Belitung memiliki bahan dan cita rasa yang jauh berbeda dari soto meski sama – sama merupakan masakan dengan kuah. Suto Belitung memiliki bahan berupa irisan daging dan bihun yang disajikan dengan kuah kari iga dan emping. Masakan ini lazimnya dinikmati tidak bersama nasi; tetapi dengan tambahan ketupat atau lontong.

Ketam Isi

Menu kuliner asli Belitung berikutnya yang pantas dicari oleh penggemar makanan laut adalah Ketam Isi. Sesuai dengan namanya; masakan ini memang menggunakan ketam atau rajungan sebagai bahan utamanya. Ketam Isi ini juga populer disebut dengan nama perkedel rajungan karena memang diolah hingga menghasilkan makanan yang serupa dengan perkedel. Perbedaannya ada pada cara penyajian dimana daging rajungan yang  telah diolah menjadi semacam perkedel kemudian dimasukkan ke dalam cangkang ketam atau rajungan sebelum digoreng dan kemudian disajikan.